Plus

Tuesday, April 7, 2015

CENDOL Mengalahkan Es buah - Lagu Ini Talk Show

Apa ya yang kira - kira bisa mengalahkan es buah? ....itulah yang kita pikirkan sewaktu lihat judul Blog diatas. hehehe
Tapi setelah lihat keterangan berikutnya, pasti pembaca segera tahu kalau ini pasti hanya canda an dari para host ini talk show di NET.TV. Ya memang ini lagu Candaan dari acara ini talk show yang bertemakan makanan dan minuman tradisional, sungguh menghibur tapi juga membuat kita pingin ngrasain jajanan tradisional yang kebanyakan sudah ditinggalkan pada saat ini.
Oke langsung aja kita dengar lagunya dan lihat lirik dan akordnya di;
ini liriknya kawan;

Liriknya;

Es buah,sama ini juga kalah!!
Kalau lagi gerah, tinggal kasih santan,
lalu kamu gulaan..
Terus drink,terus drink, terus drink.
Drink, terus drink, terus drink.
Seluruhnyaaa...

Cendoleoo,cendoleaa...
Minum ini badan seger terus jadi happy
cendoleoo,cendoleaa...
Minum ini badan jadi segeeer..langsung happy

hahaha...lucu bukan...

Kalau tentang cendol sendiri sebenarnya adalah merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih.

Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet. Berkembang kepercayaan populer dalam masyarakat Indonesia bahwa istilah "cendol" mungkin sekali berasal dari kata "jendol", yang ditemukan dalam bahasa Sunda, Jawa, dan Indonesia; hal ini merujuk sensasi jendolan yang dirasakan ketika butiran cendol melalui mulut kala meminum es
cendol.

Tepung beras diolah dengan diberi pewarna hijau dan dicetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda, cendol dibuat dengan cara mengayak  kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda, minum cendol disebut 'nyendol'.

Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan disiang hari.

No comments:

Post a Comment